Thursday, February 25, 2021

 

Cara Membuat Sertifikat Online Otomatis Menggunakan Google Form dan Autocrat Add-ons


Cara Membuat Sertifikat Online

Apakah Anda sedang mencari tutorial cara membuat sertifikat online?, Kalau memang iya Anda sedang berada pada artikel yang tepat.

Dimasa pandemi seperti ini semua serba online, dimulai dari perkuliahan, rapat, hingga seminar. Anda yang sering mengadakan seminar tentu perlu mendatangkan banyak peserta agar seminar onlinenya hidup.

Nah, untuk mendatangkan peserta banyak hal dilakukan, seperti memberikan seminar gratis, tema yang menarik hingga memberikan sertifikat kepada seluruh peserta seminar. Cara-cara yang saya jabarkan tersebut lazim dilakukan oleh mereka-mereka penyelenggara seminar.

Namun seminar sekarang harus online mahu tak mahu sertifikat harus diberikan secara online dan cepat. Namun pada beberapa kasus mereka bingung dan tidak paham bagaimana caranya.

Tenang, pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat sertifikat online generate otomatis, jadi selesai mereka mengisi data di google form sertifikat secara otomatis terkirim ke email peserta.

Agar lancar dalam mengikut tutorial ini, Anda sudah pernah menggunakan:

Adapun harapan kami setelah Anda mengikuti tutorial ini maka sudah paham bagaimana cara membuat sertifikat online generate otomatis secara mudah. Yuk langsung saja simak artikel berikut.

Daftar Isi

1. Membuat folder baru

Tahap awal silakan masuk ke google drive kemudian buatkan satu folder dengan nama SERTIFIKAT.

Membuat Folder

Membuat Nama Sertifikat

2. Membuat sertifikat

Selanjutnya silakan design e-sertifikat terlebih dahulu menggunakan Google Docs, atau kalau Anda malas untuk mendesign dari awal silakan unduh di sini:

Pastikan sertifikat letaknya dalam folder SERTIFIKAT, kemudian silakan edit sertifikat yang sudah di unduh tadi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Warning!: Jangan menggunakan menu Insert -> Drawing untuk membuat tagnya, karena Autocrat tidak akan membaca, tapi langsung saja ketik di template seperti mengetik di ms word, contoh <<tag>>, pada kasus ini <<Nama>>.

Membuat Sertifikat

3. Membuat google form

Kembali ke folder google drive SERTIFIKAT yang sudah Anda buat tadi kemudian klik kanan lalu pilih Google Forms.

Membuat google form

4. Merancang google form

Setelah Anda klik Google Form selanjutnya masuk ke halaman google form, dan Langkah selanjutnya kita akan merancang google form sesuai tags yang ada, pada kasus ini kita hanya perlu satu tags, yaitu Nama. lebih kurang designnya seperti berikut.

Merancang google form

Kalau Anda belum paham cara menggunakan google form silakan baca artikel berikut.

5. Pengaturan pada google form

Klik pada tombol GERIGI di kanan pojok atas, kemudian akan keluar form popup Settings, lalu ckecklist pada Collect email addresses dan Limit to 1 response (hanya dapat diisi sekali saja) kemudian klik tombol Save.

Pengaturan pada google form

6. Membuat Spreadsheet untuk google form

Masih dihalaman google form, kemudian klik tab Responses lalu klik tombol plus hijau kemudian akan muncul form popup Select response destination, silakan rename kalau perlu setelah itu klik tombol Create.

Membuat Spreadsheet untuk google form

Membuat Spreadsheet google form

7. Mengatur hasil isian form sertifikat menggunakan Autocrat addon

Setelah Anda mengklik tombol Create seharusnya sudah berada pada halaman kerja spreadsheet. Kalau tidak, silakan buat dari folder Google drive seperti cara ketika kita membuat google form sebelumnya.

Selanjutnya kita akan menambahkan Add-ons dengan cara klik Add-ons kemudian pilih Get add-ons.

Mengatur hasil isian form sertifikat menggunakan Autocrat addon

Setelah itu muncul form popup, silakan ketik autoCrat pada textfield pencarian kemudian klik tombol plus warna hijau.

Install Add-ons Autocrat

Kemudian klik tombol Install, setelah itu akan keluar form popup, langsung saja klik tombol CONTINUE.

Install Autocrat

Ready Install Autocrat

Setelah itu akan muncul form popup lagi, disini Anda diminta untuk Choose an account yang akan disinkronkan dengan Autocrat, saran dari saya pilih akun yang Anda gunakan diawal ketika membuat google form, kemudian klik tombol Allow.

Ready Install Autocrat Allow

Setelah itu akan muncul form popup Autocrat has been installed!, langsung saja klik Done.

Ready Install Autocrat Done

Selamat proses install Autocrat sudah selesai, langsung saja Close formnya.

8. Membuat merge jobs di Autocrat

Cara membuat merge jobs silakan klik Adds-ons kemudian pilih Autocrat lalu klik Open, tunggu sebentar lalu Anda akan melihat form AutoCrat, kemudian klik tombol NEW JOB.

Membuat merge jobs di Autocrat Open

Membuat merge jobs di Autocrat Open New Job

A. Name your merge job

Silakan isi nama job, pada kasus ini saya mengisi Sertifikat Otomatis, kemudian klik tombol Next.

Name your merge job

B. Choose template

Selesai itu kemudian Choose Template, silakan klik tombol From Device setelah itu pilih sertifikat yang sudah di design kemudian klik tombol Select, kalau belum ada silakan klik tombol Create Example untuk e-sertifikatnya.

Choose template

Select Template

Selanjutnya klik tombol Next.

Choose template next

C. Map source data to template

Nah ini bagian terpentingnya, sila sesuaikan maps to column-nya dengan tag yang Anda gunakan pada template, misalnya pada template <<Nama>> maka pilih nama juga, setelah itu klik Next.

Map source data to template

D. File settings

Silakan isi File name kemudian dibagian Type pilih PDF dan untuk Outputs as tetap dibiarkan default seperti pada contoh ini, setelah itu klik Next.

File settings

E. Choose destination folder(s)

Silakan pilih folder yang nanti digunakan sebagai tempat penyimpanan setiap sertifikat yang sudah terkirim dengan menekan tombol +Choose folder (saran dari saya pilih saja folder yang sudah kita buat di awal agar filenya bertumpuk pada satu tempat).

Choose destination folder(s)

Kemudian muncul form popup, pilih folder yang akan digunakan lalu tekan tombol Select setelah itu tekan tombol Next.

Choose destination folder(s) select

Choose destination folder(s) next

F. Add dynamic folder reference (optional)

Tidak ada yang perlu diatur, langsung saja klik Next.

Add dynamic folder reference (optional)

G. Set merge condition (optional)

Tidak ada yang perlu diatur, langsung saja klik Next.

Set merge condition (optional)

H. Share docs & send emails

Selanjutnya samakan saja pengaturannya seperti pada gambar berikut.

Share docs & send emails

Jangan lupa scroll kebawah untuk pengaturan template email, setelah itu klik tombol Next.

Pengaturan email

I. Add/remove job triggers

Selanjutnya samakan saja pengaturannya seperti pada gambar berikut.

Biasanya Ketika klik Yes pada Run on form trigger akan keluar form popup Enable form triggers?, langsung saja klik Yes.

Add/remove job triggers

Selamat proses pembuatan Sertifikat generate otomatis sudah selesai, untuk melihat hasilnya silakan isi form yang sudah kita buat tadi dan secara otomatis sertifikat akan dikirimkan ke email peserta yang sudah mengisi form tersebut tanpa harus mengklik tombol apapun.

Silakan klik tombol play seandainya sertifikat tidak terkirim otomatis.

Caranya klik menu Add-ons kemudian pilih Autocrat lalu klik tombol Open, kemudian akan muncul form popup AutoCrat, langsung saja klik tombol Play.

Cara menekan tombol play

menekan tombol play

Berikut contoh sertifikat otomatis yang masuk ke email hp saya.

contoh sertifikat otomatis yang masuk ke email hp

Berikut ini tampilan sertifikatnya.

Tampilan e-sertifikat

Itu dia artikel tentang Cara Membuat Sertifikat Online Otomatis Menggunakan Google Form dan Autocrat Add-ons, semoga bermanfaat ya geng. Jangan lupa baca juga Cara Mudah Mengubah Blogspot.com dengan Nama Domain Sendiri.

(disadur dari : https://bgipin.com)

Ditulis oleh eMHa On 8:11 PM No comments

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube